Artikel

 

 

 

Komentar-Komentar Dari Pemirsa

 

Hi Nigel,

Saya telah menonton film dokumenter mengenai relokasi gajah ke fasilitas Anda. Saya ingin berbagi beberapa foto yang saya ambil dari Operasi Ganesha yang dilakukan pada awal tahun '80-an, ketika gajah-gajah dikumpulkan di satu tempat selama lebih dari dua bulan, dan dipindahkan dari sebuah area transmigrasi di Sumatera Selatan. Anda boleh menggunakan foto-foto ini jika Anda pikir bisa membantu. Saya turut meliput program ini sebagai wartawan pada saat itu, dan saya pikir sekarang foto-foto ini sudah sulit ditemukan. Saya tunggu kabarnya.


Max Lawrence,
Australia

Dengan hormat,


Kami menyaksikan sebuah program di televisi mengenai pemindahan gajah dari Sumatera ke Bali minggu lalu. Kami berdua merasa sangat tersentuh dengan APA yang Anda lakukan. Benar-benar seorang juara! Suami saya adalah supir truk profesional, dan ia merasa kecewa terhadap kesulitan-kesulitan yang Anda hadapi terkait masalah transportasi, dan ia meminta saya menghubungi Anda. Jika Anda membutuhkan seorang supir truk, ia dengan senang hati akan membantu Anda dan juga mengumpulkan beberapa rekannya yang tentunya bersedia pergi ke sana dengan biaya sendiri, dan membantu Anda memindahkan gajah-gajah tersebut dengan sikap yang profesional (seperti tinggal bersama layaknya konvoi; dan mengikuti setiap instruksi Anda). Teruskan perjuangan Anda!

Hormat kami,


Lynda & Shane Woods,
LEWISHAM, TAS. AUSTRALIA

Hi Teman-teman,


Saya baru saja menyaksikan dokumenter Anda di SBS TV. Benar-benar sebuah perjalanan yang berat, saya berharap saya ada di sana, saya berusia 40 tahun dari Perth, West Australia, dan saya sangat suka dengan rasa sayang Anda terhadap semua mahluk hidup. Saya ingin mengabdikan diri saya untuk kesejahteraan dan pelestarian satwa, dan, jika ada kesempatan untuk membantu dalam bentuk apapun di resor Anda yang menakjubkan,  mohon beritahu saya karena saya benar-benar ingin dan berniat untuk melakukan apapun.

 

Salam,
Simon Howlett,
Perth WA Australia

 

Dear Mr. Mason,


Pada natal tahun 2006 lalu, keluarga saya mengunjungi Bali untuk pertama kalinya, dan sayangnya kami tidak berkesempatan untuk mengunjungi Elephant Safari Park, tapi pasti kami akan berkunjung ke sana suatu hari nanti. Hari Minggu lalu, ABC menayangkan kisah penyelamatan 10 ekor gajah dari Sumatera pada tahun 2004, saya dan putri saya menangis karena sedih sekaligus terharu selama penayangan tersebut. Kami berdua ingin menyampaikan rasa terima kasih kami kepada Anda dan karyawan Anda untuk keberanian dan tekad pantang menyerah untuk membantu kehidupan hewan-hewan menakjubkan ini, kami hanya dapat berharap bayi gajah berusia dua bulan itu diserahkan kepada Anda. Hewan-hewan tersebut harus dihormati dan dimengerti, dan mereka mendapatkan semuanya di fasilitas yang Anda bangun. Ketika berada di Bali, saya melihat banyak suvenir-suvenir bertemakan gajah, dan jatuh cinta kepada hewan yang satu ini. Suami saya bahkan membeli sebuah lukisan besar yang sekarang dipajang di kantor saya: saya dapat melihat dunia yang 'berbeda' dengan hanya memandangi lukisan tersebut. Kami bermaksud untuk memberikan donasi secara pribadi, yang mungkin dapat membantu untuk menyelamatkan hewan-hewan ini selain dengan cara membeli lukisan.


Terima kasih,
Sue & Thea Burnett, Western Australia

Kami baru saja menyaksikan dokumentari Anda mengenai gajah di ABC TV Australia...Kerja yang hebat Nigel, seharusnya ada lebih banyak orang seperti Anda. Setelah bayi kami lahir, kami pasti akan pergi ke sana dan menginap di resor Anda...Ini adalah 'tepukan di bahu' untuk seorang juara seperti Anda!

 

John May,

Australia

 

Nigel,


Semalam saya dan suami saya duduk dan menyaksikan sebuah film dokumenter mengenai gajah-gajah yang dipindahkan dari sebuah kamp di Sumatera Utara ke Elephant Safari Park di Bali. Kami merasa tergerak karena upaya-upaya dan tekad yang Anda wujudkan. Saya kehabisan kata-kata untuk mengekspresikan rasa takjub kami. Kami sangat ingin mengunjungi Elephant Safari Park, namun merasa kuatir untuk melancong ke Bali karena alasan-alasan yang jelas. Saya baru saja membaca himbauan Anda mengenai metode-metode licik yang digunakan oleh supir-supir freelance. Anda telah tinggal di sana selama bertahun-tahun, namun mereka tetap memperlakukan Anda seperti ini, bayangkan apa yang dapat mereka lakukan kepada dua wisatawan paruh baya seperti kami? Kami hanya tertarik untuk melihat hewan-hewan dan mungkin, menghabiskan waktu bersama mereka. Kami tidak tertarik dengan arung jeram atau wisata lainnya. Kami sedang menyusun sebuah daftar yang 'mesti dilakukan'...Mungkin kami berkesempatan untuk menemui Anda di awal tahun 2010, kami akan mengontak Anda langsung. Apakah metode yang terbaik yang dapat dilakukan untuk menyerahkan donasi untuk Elephant Safari Park.


Lorraine Jones,

Brisbane, Australia.

 

Nigel,


Kami telah menyaksikan film dokumenter Anda yang ditayangkan ABC TV semalam, yang ceriterakan mengenai perjalanan Anda dalam memindahkan gajah-gajah dari Sumatera ke Bali, benar-benar film yang indah. Saya ucapkan selamat untuk pekerjaan hebat yang Anda lakukan: sangat menyentuh.


Kami mengunjungi Elephant Safari Park di bulan Agustus, tepat sebelum tragedi bom bali, namun kami tidak menyadari 'pekerjaan-pekerjaan' lain yang secara terus menerus Anda lakukan, hingga semalam. Teruslah berjuang, masyarakat di Indonesia seharusnya merasa bangga memiliki warga seperti Anda, yang benar-benar berkomitmen dalam menyelamatkan hewan-hewan yang menakjubkan ini.


Kami merasa sangat senang ketika membaca di website Anda mengenai kelahiran bayi-bayi gajah semenjak film dokumenter tersebut rampung dibuat.


Salam,
Sandra Lymbery, Coral Bay, Western Australia.

 

Hi Nigel,


Kami menyaksikan film dokumenter Anda buat di tahun 2002 (di ABC) mengenai penyelamatan dan relokasi gajah-gajah ke Bali. Sebuah usaha yang menakjubkan. Saya ingin tahu mengenai kabar mereka setelah 7 tahun, dan apakah Anda masih berniat untuk menyelamatkan lebih banyak gajah lagi...Sangat menyedihkan ketika melihat Anda meninggalkan bayi gajah berusia 6 bulan...Ia hanyalah seekor bayi, kenapa Pemerintah Indonesia tidak mengizinkan Anda membelinya? Apakah Anda pikir masyarakat Indonesia akan menjadi lebih menghargai kehidupan gajah-gajah tersebut?


Kami tinggal di tenggara Victoria, di Gippsland, dan kami berupaya untuk membeli sebidang tanah untuk menyediakan 'tempat perlindungan' untuk pelepasan satwa yang telah direhabilitasi ke alam liar, baik yang cedera maupun kehilangan induknya...Bahkan di Australia hewan-hewan asli tidak diberikan perlindungan yang layak. Semoga beruntung dengan gajah-gajah Anda.


Hormat saya,
Janette Collins, Thorpdale, Vic, Australia.

 

Hi Nigel,


Saya menyaksikan 'Operation Jumbo' di ABC semalam, dan saya telah mengerjakan 'pe-er' saya dan melihat website Anda. Betapa Anda memiliki kehidupan yang indah dan bermakna. Saya adalah guru yang akan mengajar siswa/siswi berusia 5 tahun, dan telah memasukan 'Spesies Terancam Punah' sebagai salah satu unit tugas, dan akan berupaya untuk membangun kesadaran mereka mengenai arti penting Gajah Sumatera. Denise menghubungi saya beberapa tahun lalu, dan belum sempat berbicara lagi dengannya. Apakah Anda bisa membantu saya mengenai nomor kontak yang dapat saya hubungi?


Salam hangat,
Christine Marks, Hampton, Victoria, Australia.

 

Hi Nigel,


Saya tinggal di Australia Selatan, sedikit di luar Adelaide. Saya baru menyaksikan film dokumenter Anda yang menakjubkan mengenai penyelamatan 10 ekor gajah dari Pusat Pelatihan Gajah di Sumatera.


Saya murka melihat gajah-gajah tersebut ditinggalkan di Sumatera, dan saya paham bahwa Anda tidak akan melakukan relokasi lagi dari sana.


Menurut Anda, setelah melihat situasi sebenarnya di sana, apakah ada yang dapat kita lakukan sebagai sebuah komunitas yang dapat membantu menyelamatkan atau merelokasi gajah-gajah yang tersisa, misalnya dengan mengumpulkan dana hasil donasi yang dapat membantu untuk mewujudkan sebuah evakuasi massal menuju suatu tempat yang lebih layak? Saya tidak tahu bagaimana, namun tentunya ada yang dapat kita lakukan. Sangat menyedihkan untuk membayangkan bahwa mereka akan hidup menderita dan mati cepat, karena kurangnya kasih sayang dan pemeliharaan! Berkurangnya populasi hewan-hewan ini dengan cepat sangatlah mengkhawatirkan, dan yang lebih parah lagi, tidak ada yang melakukan apa-apa untuk mencegahnya!


Jika Anda dapat mengomentari hal-hal yang saya jabarkan di atas, saya sangat mernghargainya! Sayapun menyadari bahwa terdapat banyak spesies lainnya yang juga membutuhkan bantuan, dan memikirkan hal ini saja sudah cukup mengganggu; saya merasa tidak berdaya ketika dihadapkan dengan pengrusakan habitat, yang masih ditambah dengan perburuan liar!


Terima kasih, atas komitmen Anda untuk gajah-gajah yang telah Anda selamatkan..


Salam hangat,
Denise - South Australia

 

Kepada Manajer Elephant Safari Park,


Saya baru saja menyaksikan film dokumenter di Elephant Safari Park yang berjudul "Operation Jumbo."


Setelah menyaksikan film tersebut, saya mengagumi dedikasi Nigel dalam menyelamatkan gajah-gajah tersebut, yang pastinya tidak akan mampu bertahan jika dibiarkan begitu saja. Jelas-jelas mereka merasa lebih nyaman di Elephant Safari Park, karena mereka sekarang memperoleh makanan dan minuman yang diperlukan, termasuk perawatan medis yang mereka butuhkan.


Saya juga merasa sayang terhadap gajah-gajah ini, berkurangnya jumlah populasi mereka secara drastis di seluruh Asia akibat pengrusakan habitat alami mereka, kekurangan gizi, dan kurangnya pemeliharaan, menimbulkan kekhawatirkan saya. Saya percaya bahwa mendidik masyarakat (baik penduduk lokal maupun orang asing) mengenai arti pentingnya gajah Asia itu adalah suatu keharusan.


Meskipun demikian, program ini juga menimbulkan kekuatiran lainnya kepada saya, khususnya terkait dengan praktik-praktik yang digunakan oleh Mahout (pawang gajah), serta aktifitas-aktifitas yang harus dilakukan oleh gajah-gajah tersebut.


Secara khusus, saya kuatir mengenai penggunaan kait untuk "membujuk" gajah-gajah tersebut patuh kepada Mahout. Saya yakin Anda paham mengenai sebuah proses yang disebut "the crush" (sebuah proses penyiksaan untuk mematahkan semangat dan menimbulkan rasa takut kepada manusia sebagai tuan mereka. Beberapa gajah-gajah berusia muda tidak berhasil bertahan hidup akibat pelatihan seperti ini). Sebagai penyayang binatang, saya tidak dapat membayangkan bahwa Anda sang penyelamat gajah, namun membiarkan penerapan metode-metode penyiksaan seperti.


Saya juga merasa kuatir mengenai gajah-gajah yang 'diberdayakan' untuk menghibur wisatawan melalui melukis, dikendarai, sekaligus dipekerjakan untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan berat seperti mengangkat kayu gelondongan. Menurut saya, praktik-praktik seperti ini tidaklah alamiah khususnya bagi gajah-gajah tersebut, belum lagi proses yang tidak alamiah yang harus mereka tanggung agar bisa 'tampil' tidak hanya kejam, namun juga dapat menimbulkan cedera fisik permanen. Jika seekor gajah memilih untuk melakukan aktifitas-aktifitas tersebut berdasarkan keinginan bebas mereka, tanpa harus ada 'bujukan-bujukan' apapun, maka mereka akan melakukan hal-hal yang dapat mereka nikmati dan memang bersifat alamiah. Namun, jika memang tidak seperti ini, selain kejam, saya menilai perbuatan-perbuatan yang dilakukan terhadap mereka juga merendahkan hewan-hewan menakjubkan ini. Saya sangat menginginkan sebuah pengalaman untuk menyaksikan gajah-gajah tersebut menjadi 'diri' mereka sendiri, dan 'tampil' sesuai kehendak mereka sendiri.


Karena itulah, saya tidak sabar untuk mempelajari secara lebih mendalam mengenai Elephant Safari Park, khususnya mengenai bagaimana gajah-gajah tersebut direhabilitasi setelah pangalaman masa lalu yang traumatik. Saya juga tertarik untuk memahami apakah fasilitas Anda juga mendukung penggunaan kait-kait tersebut, dan apakah Anda juga turut mendidik para pengunjung Anda mengenai 'pelatihan' yang gajah-gajah itu lalui untuk melakukan pertunjukan bagi pengunjung Anda?


Saya tunggu balasannya,


Salam,
Jody Blackburn, Palmwoods, Queensland, Australia.

 

Saya baru menyaksikan perjalanan Anda yang menakjubkan melalui Sumatera, Jawa dan Bali menggunakan truk di saluran ABC. Sangat hebat! Acara yang bagus, juga sebuah publisitas yang layak Anda dapatkan. Selain itu, film dokumenter ini juga pasti 'menampar' beberapa petinggi di jakarta secara telak.


Terancamnya kehidupan gajah, serta fauna lainnya, dan kerusakan hutan di Indonesia sudah sangat tidak terbayangkan, dan film dokumenter Anda benar-benar membuktikan kenyataan buruk yang ada di sana. Selain itu, semalam juga ada acara mengenai keadaan buruk yang menimpa Orang Utan di Kalimantan, yang juga disebabkan oleh alasan-alasan yang sama.


Pertahankan perjuangkan kalian, kami akan datang dan mengunjungi Anda dalam liburan kami berikutnya ke Pulau Dewata.


Cheers mate dan Selamat Tahun Baru.
Adrian dan Nyoman, Gold Coast, QLD, Australia.

 

Hi,

 

Saya baru saja menyaksikan acara yang ditayangkan di ABC TV mengenai penyelamatan gajah-gajah dari Sumatera, yang tampaknya disyuting ketika terjadi tragedi Bom Bali II. Saya bertanya-tanya, berapa uang yang Anda habiskan untuk memindahkan gajah-gajah tersebut ke Bali? Selain itu, bagaimana keadaan mereka sekarang, dan apakah Debi masih hidup? Saya mengunjungi Elephant Safari Park tahun 2007 lalu, dan saya bertemu dengan seekor bayi gajah yang saya tidak tahu namanya. Ketika kami di sana, kami bertujuh memberikan tip kepada 3 pawang gajah. Saya penasaran, apakah wisata-wisata tersebut benar-benar membantu operasional fasilitas Anda dan hewan-hewan tersebut? Atau apakah para pawang gajah tersebut menyimpan uang tip tersebut untuk diri mereka sendiri? Saya akan kembali lagi ke Bali dalam tiga minggu ke depan, dan tentunya akan kembali ke Elephant Safari Park lagi. Anda semua telah melakukan pekerjaan yang fantastis di sana. Atas nama semua penyayang binatang, saya ingin mengucapkan terima kasih, mohon pertahankan kinerjanya!


Terima kasih,

Billie Browne, Beeliar, Western Australia.

 

Hi,


Saya berkunjung ke Elephant Safari Park tahun ini dan benar-benar merasa kagum, sekaligus sedih ketika saya harus pulang. Saya sangat menyayangi gajah-gajah tersebut dan menitikkan air mata ketika menyaksikan "Project Jumbo," saya hanya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang terlibat karena menyayangi dan melakukan semua upaya untuk menyelamatkan dan merawat gajah-gajah tersebut. Dunia ini beruntung masih memiliki orang-orang seperti kalian. Saya mengalami kesulitan untuk memperoleh pengalaman, dan saya akan sangat tertarik jika ada kesempatan untuk menjadi sukarelawan, saya hanya ingin membantu dengan cara apapun.


Mohon agar saya diberitahu jika ada cara apapun agar saya bisa turut terlibat.


Sekali lagi, terima kasih.


Salam hangat,
Sarah Hubber, Australia.

 

Dear Nigel dan Yanie,

 

Saya berasal dari Melbourne, Australia, dan baru-baru ini saya menyaksikan film dokumenter Anda. Saya harap saya berada di dalam perjalanan selama 4 hari dan 6 jam tersebut. Saya mengagumi tekad dan keberanian Anda dalam menyelamatkan hewan-hewan indah tersebut.

 

Saya belum pernah ke Indonesia, dan tidak pernah berniat untuk pergi ke sana, namun sekarang saya benar-benar berniat pergi ke sanadan menginap di fasilitas Anda.

 

Selamat tahun baru. Tuhan memberkati keluarga Anda, khususnya untuk semua dukungan Anda dalam mengembangkan Kerajaan Gajah.

 

Salam hangat,
Jana Holmer, Coburg, Victoria, Australia.

 

Semalam saya menyaksikan acara Anda terkait pemindahan gajah Sumatera ke fasilitas Anda di Bali, meskipun mungkin telah diputar berulang-ulang.


Saya menebak bahwa film tersebut dibuat beberapa tahun lalu, namun saya tetap merasa sangat tergerak oleh upaya dan kepedulian Anda akan keberlangsungan hidup gajah-gajah tersebut. Luar biasa! Kami pasti mengunjungi fasilitas Anda.


Semoga sukses, dan Anda telah melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam melestarikan hewan-hewan yang indah ini.

Adam Jacobs, Willunga, SA, Australia.

 

Hi Nigel,

 

Sudah lama sekali kita tidak berjumpa! Saya mengirim e-mail ini untuk mengucapkan selamat atas pekerjaan Anda yang luar biasa dengan menyelamatkan gajah-gajah tersebut. Ray dan saya baru saja menyaksikan tugas maha berat yang Anda kerjakan ketika memindahkan gajah-gajah tersebut dari Sumatera ke Bali, hebat!

 

Elephant Safari Park tampaknya merupakan tempat yang indah. Saya menyayangi binatang, dan sangat menghargai upaya Anda. Kami belum pernah ke Bali, tapi pasti kami akan berkunjung dan menemui Anda suatu hari nanti.


'Tetangga' lama Anda Marilyn (Stewart),

Marilyn Craig, Mornington, Victoria, Australia.

 

Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda beserta tim untuk pekerjaan menakjubkan yang telah Anda lakukan. Anda benar-benar menginspirasi saya!

 

Peace and happiness for 2010 my friends!

Phil Read, Tasmania, Australia.

 

Hello Mr Nigel Mason,

 

Saya merasa perlu untuk untuk menulis e-mail ini kepada Anda, setelah menyaksikan "OPERATION JUMBO" di salah satu stasiun TV di Australia. Anda dan tim Anda adalah manusia-manusia hebat, kasih sayang yang Anda perlihatkan kepada hewan-hewan ini benar-benar menghabiskan tisu saya! Sangat menyedihkan karena kita, manusia, benar-benar telah merusak Bumi ini. Maaf jika ini terdengar aneh, namun saya hanya merasa perlu untuk memberitahu Anda, bahwa kami benar-benar merasa beruntung masih ada orang-orang seperti Anda di dunia ini. Saya merasa sangat sedih untuk gajah-gajah lainnya yang tidak atau belum dapat Anda selamatkan, terutama bayi gajah yang tidak diizinkan untuk Anda bawa. Sekali lagi terima kasih telah menunjukkan keberanian untuk melakukan perubahan. Anda benar-benar menakjubkan, dan terima kasih telah berbagi kisah Anda, saya merasa bersyukur selamanya.


Terima kasih,

Megan Champion, Hamilton South, Newcastle, NSW, Australia.

 

Siang Nigel,

 

Saya baru saja menyaksikan film dokumenter Gajah di ABC TV.


Saya sangat terkesan akan pencapaian Anda, dan saya ingin menyampaikan kekaguman saya kepada Anda dan keluarga Anda.


Kami akan berkunjung ke sana suatu hari, setelah kami menyelesaikan urusan-urusan kami di sini.


Salam,

Geoff Arthur
Beatrice Buffalo Pty Ltd, Humpty Doo, NT, Australia.

 

Nigel dan Yanie,

 

Baru saja menyaksikan "Operation Jumbo" di ABC TV, dan merasa tergerak untuk untuk mengucapkan, "Anda telah melakukan pekerjaan yang menakjubkan bagi Gajah-Gajah Sumatera itu."

 

Hi Nigel,

 

Nama saya Tennille, saya tinggal di Newcastle, New South Wales, Australia bersama putra saya yang berusia 2 tahun. Selagi saya menidurkan dia, saya sekilas melihat TV: "Operation Jumbo."


Saya mengirim e-mail kepada Anda untuk menyampaikan apa yang dikatakan oleh putra saya. Saya akan memulai dengan bercerita bahwa gajah merupakan salah satu hewan favoritnya. Bagian dari film dokumenter yang kami lihat hanyalah di bagian akhir, ketika Anda menurunkan gajah-gajah tersebut di tempat Anda (Elephant Safari Park, ed.), lalu Anda melepas rantai sambil berkata, "Tidak ada rantai di sini." Anak saya (Sam) menyaksikan dengan antusias dan berkata, "Oh mummy, lihat, orang itu membebaskan mereka."


Ia tidak juga beranjak tidur hingga saya duduk di depan komputer bersamanya dan memperlihatkan foto-foto gajah dan menceritakan kepadanya mengenai fasilitas Anda (Elephant Safari Park, ed.).


Bahkan anak saya yang baru berusia 2 tahun bisa melihat bahwa apa yang Anda lakukan benar-benar baik. Ia mencericau kepada saya mengenai "Orang yang membebaskan gajah," sebelum akhirnya tertidur sambil bergumam, "Naik truk, pergi, dan bebas."


Kami akan berada di Bali bulan Maret tahun depan, ya! Di Ubud, sebelum kami pindah ke Tanjung Benoa. Sam dan saya baru saja mengalami 12 bulan yang berat, Ayahnya meninggalkan dirinya 12 bulan lalu. Namun, Sam tetap ceria dalam menghadapi semua ini. Saya berjanji kepadanya ketika Ayahnya pergi, bahwa kami berdua akan pergi bertualan melihat dunia, tidak peduli apapun yang terjadi, bahwa saya akan menunjukkan kepadanya bahwa banyak orang baik di luar sana yang melakukan hal-hal hebat.


Jadi malam ini, saya berkata kepadanya bahwa kami akan berlibur DAN juga melihat gajah-gajah. Kami merayakan 'kebebasan' kami dan berharap bisa melihat gajah-gajah yang berhasil Anda selamatkan.


Terima kasih, sungguh, karena telah mengenyahkan rantai yang mengekang, dan membebaskan mereka.


Semoga kami benar-benar bisa mengunjungi tempat Anda (Elephant Safari Park, ed.) di bulan Maret, saya sungguh-sungguh ingin mewujudkan konsep 'memperlihatkan dunia' kepada putra saya, dengan mengajaknya ke Bali (perjalanan ke luar negeri pertamanya). Dan melihat gajah akan membuat pengalaman ini semakin spesial, dan saya yakin, sayalah yang akan terlihat seperti seorang Ibu yang kebingungan karena putranya tidak ingin beranjak dari sana (Elephant Safari Park, ed.)! Dan jika Anda sedang tidak sibuk, saya yakin ia sangat ingin bertemu dengan orang yang membebaskan gajah-gajah kesayangannya.


Tennille.

 

Baru saja menyaksikan film dokumenter Anda di TV. Selamat atas pekerjaan Anda yang menakjubkan! Saya kagum dengan karya seni gajah Anda! Bisakah Anda memberitahu biaya pengiriman lukisan ke Melbourne?


Terima kasih!

 

Sue Gilbert,

Australia.
 

  • Press Release

  • Kabar Terkini

  • Paket-Paket Menarik

 
 
 
 
Anda di sini: Home

bat logo

Adventure House
Jl. By Pass Ngurah Rai
Pesanggaran (80361)
Bali, Indonesia
Tel: (62-361) 721480
Fax: (62-361) 721481
e: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
w: www.baliadventuretours.com